Laman

Selasa, 16 Desember 2014

Musik Melatih Kesabaran

Musik dan kesabaran adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Ketika bermain musik sadarlah bahwa anda juga tengah melatih kesabaran anda. Sebuah gitar tidak bisa anda kuasai tanpa sifat sabar. Sebuah drum tidak akan mungkin bisa anda mainkan tanpa ketelatenan. Semua membutuhkan konsistensi dan kesabaran. Saat anda belajar menyusun nada menjadi sebuah harmoni anda juga dituntut untuk sabar mencari mana harmoni yang paling indah.

Selain anda bisa belajar sabar dari nada dan harmoni, anda juga bisa belajar sabar dengan lawan main bermusik anda. Misalnya ketika anda tergabung dalam sebuah band yang dipenuhi orang dengan otak yang berbeda-beda tentunya anda harus memiliki kesabaran ekstra untuk menghadapi mereka. Bagaimana anda harus sabar menghadapi pendapat-pendapat yang sangat bertentangan dengan anda, dan bagaimana anda harus sabar menghadapi teman anda yang menyebalkan.

Ketika anda bisa melewati semua kesulitan tersebut,anda secara otomatis lulus dalam uji kesabaran. Mulailah dengan beli keyboard ataupun gitar dan menguasainya secara mendalam. Ini akan membimbing anda untuk lebih sabar dalam melihat kegagalan. Gitar mungkin instrumen yang paling mudah untuk dipelajari dan paling memiliki harga yang bersahabat. Namun gitar juga menjadi instrumen yang paling menantang untuk diulik.

Jangan patah semangat dan jangan berpikir sulit mempelajari gitar. Karena sebenarnya kesulitan itu muncul karena pikiran anda sendiri. Bersabarlah karena penguasaan membutuhkan waktu. Ingat ini adalah ujian kesabaran, setelah anda berhasil menguasai gitar dengan baik, bukan tidak mungkin anda juga bisa memainkan instrumen lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar