Laman

Minggu, 22 Februari 2015

Macam Tangga Nada Diatonic Minor

Ketika belajar bermain piano tangga nada adalah salah satu hal yang wajib dipelajari. Namun nada tidak layaknya suara memiliki cirri khasnya masing-masing. Salah satu jenis tangga nada yang wajib dipelajari adalah tangga nada diatonic minor. Nada ini pun terbagi lagi dalam beberapa jenis, yang pertama adalah tangga nada minor asli.


Ini adalah tang nada ang memiliki interval setiap nadanya 1-1/2-1-1/2-1-1. Bentuk sistem tangga nada ini dimulai dari A, karena setiap tangga nada setiap nadanya tidak mendapatkan tanda aksidental. Jika anda ingin menyusun tangga nada baru dengan tangga nada minor asli caranya adalah dengan membagi menjadi dua tetrakord yang beda hanya intervalnya saja. Salah satu contoh nada ini adalah 1#E 1 b D, 2#B 2b G dan lain-lain.

Jenis yang kedua adalah tangga nada minor harmonis yang merupakan tangga nada dengan nada ke tujuhnya dinaikkan 1 semitone sehingga memiliki pola jarak 1-1/2-1-1-1/2,1 1/2-1/2. Jenis ketiga adalah tangga nada minor melodis yakni tangga nada dari minor asli yang dibuat untuk susunan keatas, nada ke 6 dan ke 7 dinaikkan 1 semitone dan susunan kebawah kembali kenada semula.

Sedangkan jenis terakhir adalah tangga nada monir zigana yang merupakan tangga nad minor asli dimana nada ke empat dan nada ke tujuh dinaikkan 1 semitone. Itulah beberapa penjelasan singkat tentang berbagai jenis nada diatonic minor yang bisa anda dalami. Mulailah dengan membeli piano dan memainkan nada-nada sederhana.

Jika sudah hapal barulah anda beralih ke nada yang lebih rumit dan hasil dari eksplorasi sendiri. Ingat belajar tangga nada adalah penggabungan dari teori dan praktek, jadi lakukan pembelajaran teori dan praktek sama besarnya atau seimbang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar