Laman

Minggu, 03 April 2016

Mengenal musik baroque

Istilah "Baroque" telah banyak digunakan sejak abad kesembilan belas untuk menggambarkan periode seni musik Eropa Barat dari sekitar 1600 sampai 1750. Periode baroque disebut-sebut sebagai periode musik yang paling kaya dan beragam sepanjang sejarah musik. Selain memproduksi musik-musik yang khas termasuk salah satunya Pachelbel Canon dan Vivaldi The Four Seasons, era baroque juga memperluas cakrawala kita tentang teori musik.

Pemiir-pemikir besar seperti Descartes, Hobbes, Spinoza dan Locke juga seniman-seniman Jenius seperti Rubens, Rembrandt dan Shakespeare akhirnya memiliki perspektif yang unik dalam seni yang mereka pilih. Dan pertumbuhan kelas menengah baru meniupkan kehidupan ke dalam budaya artistik di gereja. Pada periode inilah msuik baroque lahir. Banyak tokoh terkenal dari bagian pertama periode baroque, sebagian besar dari Italia.

Mereka adalah Monteverdi, Corelli dan Vivaldi. Bentuk-bentuk musik baroque juga banyak ragamnya yang berasal dari Italia, termasuk kantata, concerto, sonata, oratorio dan opera. Meskipun Italia memainkan peran penting dalam pengembangan genre ini, namun negara-negara Eropa lain juga mampu menciptakan musik yang sama dengan gaya nasional mereka.

Perbedaan musik baroque diantara negara Eropa tidak hanya bisa kita lihat pada cara musik itu dimainkan namun juga iramanya, karena itulah kita bisa membedakan dengan sangat jelas kontras antara musik baroque Italia dan Perancis. Para musisi dan komposer di seluruh Eropa pun menciptakan musik baroquenya masing-masing. Beberapa komposer terkenal dari periode baroque yang bisa kamu contoh adalah:

Italia: Monteverdi, Frescobaldi, Corelli, Vivaldi, Domenico Scarlatti dan Alessandro
Prancis: Couperin, Lully, Charpentier dan Rameau
Jerman: Praetorius, Schein, Scheidt, Schutz, Telemann, Handel dan Bach
Inggris: Purcell

Dari karya-karya mereka kamu bisa belajar banyak mengenai musik abad pertengahan, tentunya lengkapi persenjataan latihan kalian dengan beli piano atau keyboard ya, pasalnya dua instrumen inilah yang paling sering digunakan dalam musik baroque

source:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar