Laman

Minggu, 06 Maret 2016

Cara singkat memilih gitar akustik

Kalau kita ingin serius belajar bermain gitar tentu saja kita juga harus memiliki gitar sendiri dan tidak meminjam pada orang lain. Biarpun sebenarnya kalian bisa saja meminjam dari tetangga atau teman, tetapi tidak selalu gitar  yang punya tetangga atau teman kamu itu nganggur dan dapat dipinjam bukan. Oleh karena itu, maka kali ini saya akan mencoba membagikan tips bagaimana beli gitar akustik bagi pemula dan yang ingin belajar.

Alasan mengapa saya membahas tips beli gitar akustik bukan gitar elektrik adalah salah satunya karena biasanya gitar akustik harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan harha gitar elektrik walaupun ada juga beberapa merek gitar akustik yang harganya luar biasa mahal. Bisa juga dikatakan gitar akustik ini adalah gitar sejuta umat, karena yang bisa dibeli oleh siapa saja, mengingat harganya juga bisa relatif murah. Nah, bagi kalian yang ingin memiliki dan beli gitar dengan budget terbatas, maka silahkan menyimak tips nya di bawah ini kawan.

Minat
Menjadi satu hal utama yang mesti teman-teman harua pertimbangkan adalah memilih minat untuk bermain gitar akustik klasik atau mungkin akustik biasa. Gitar akustik klasik ini biasanya identik juga dengan gitar akustik nilon dan tentu saja ini biasa untuk bermain lagu-lagu beraliran klasik. Contohnya kalau di Indonesia ada yang pakai gitar jenis ini adalah gitaris Jubing. Sedangkan gitar akustik ini biasa juga di sebut gitar string, karena menggunakan dawai string seperti gitar elektrik. Ada beberapa contoh gitaris yang menggunakan gitar jenis ini adalah Sungha Jung dan juga duo Depapepe.

Jadi minatmu terhadap jenis musik tertentu juga akan sangat berpengaruh dalam menentukan gitar seperti apa yang ingin dibeli olehmu.

Bentuk dan desain gitar

Bentuk dan juga desain ini sangat mempengaruhi. Coba saja pegang dan rasakan bodi gitar apakah sudah sesuai dengan fisik. Jangan beli gitar yang memiliki body jumbo sedangkan badan teman-teman sendiri termasuk kecil. Dari desain juga dapat melihat berapa banyak fret yang ada pada neck tersebut.

Perhatikan juga kualitas dari kayu dari gitar itu sendiri. Gitar dengan kualitas kayu yang bagus, umumnya agak berat. Cek juga apakah finishing dari gitar tersebut sudah bagus, tidak ada cat yang terkelupas atau hal-hal kecil yang mempengaruhi bentuk dan desainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar