Laman

Rabu, 07 September 2016

Tips beli gitar bekas dari tangan orang kedua

Membeli gitar bekas apalagi dari tangan orang kedua sebenarnya sangat beresiko, terutama karena kerusakannya yang kemungkinan lebih besar dibanding gitar bekas dari orang pertama. Namun apa daya jika dana yang ada sangat terbatas dan kebutuhan untuk memiliki gitar sudah tidak bisa dikompromi maka beli gitar bekas berharga murah dari tangan kedua adalah satu-satunya jalan. Membeli gitar bekas itu harus super hati-hati, terbukti beberapa pembeli gitar bekas yang melakukan set-up ulang mengeluhkan tentang kerusakan serius pada gitarnya.

Beruntung buat mereka yang beli langsung ditoko gitar, karena bisa memilih dan mencoba langsung gitar yang akan dibeli sehingga resiko kerusakan serius bisa diminimalisir. Namun hal ini sulit terjadi pada pembeli gitar yang menggunakan sistem online. Mereka bisa saja mendapatkan gitar kurang berkualitas lantaran tidak punya kesempatan untuk mencobanya terlebih dulu. Meskipun harganya sering lebih murah dibanding membeli langsung ditoko tapi sebaiknya kamu tetap belanja gitar di toko gitar. Bahkan ketika beli ditoko fisikpun gitar berkualitas baik belum tentu kamu dapat.

Untuk memperoleh gitar terbaik kamu perlu mengecek beberapa bagian penting yang menjadi fondasi sebuah gitar yaitu body, head dan fretboard. Untuk bagian body bukan hanya faktor kecacatan yang mesti diperhatikan melainkan juga kesesuaian bentuk. Gitar bekas bodynya cenderung mengalami banyak goresan. Tapi jangan khawatir karena masalah ini masih bisa diakali, tentunya dengan membawanya kebengkel alat musik.

Sementara untuk bagian head, merupakan sisi paling rentan dalam sebuah gitar. Jika pemilik terdahulu sering membawa gitarnya kemanapun ia pergi, kemungkinan besar head gitar sudah agak mebengkok. Jika mendapati hal ini sebaiknya urungkan niatmu untuk membawanya pulang. Sebab mendapatkan gitar seperti itu hanya akan menguras kantongmu karena terus menerus meminta perawatan.

Dan yang terakhir mesti diperhatikan adalah fretboard. Cek baik-baik bagian fretnya jangan sampai kamu membawa pulang gitar dengan fret rusak. Akan sangat mahal jika kamu harus mengganti fret. Daripada mengeluarkan banyak uang hanya untuk sebuah gitar bekas lebih baik beli gitar baru saja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar