Laman

Minggu, 06 November 2016

Berbagai Macam Ukuran Stik Drum

Drum merupakan salah satu alat musik yang juga banyak disukai banyak orang sehingga tidak sedikit orang-orang yang mempelajari secara khusus cara bermain drum. Drum memiliki banyak komponen dalam alat musiknya sehingga sebelum anda mulai belajar bermain drum ketahui dulu komponen yang ada di dalam drum, salah satu komponen penting dalam bermain drum adalah stik drum yang biasanya digunakan untuk bermain drum ukuran stik drum juga beragam dari kecil hingga besar.

Ukuran stik drum terdapat mulai dari 2A, 2B, 5A, 5B, 7A, 7B, 11A, hingga brush stick. Selain ukuran stik drum juga memiliki diameter yang beragam mulai berdiameter besar, kecil, panjang, sedang hingga pendek. Berbagai jenis stik drum yaitu:

1.    Mallet. Stik drum satu ini memiliki bulatan atau kepala di bagian atasnya. Malet juga terdapat dari ukuran yang besar hingga yang kecil ada pula mallet dengan kepala atau bulatan yang keras dan juga mallet dengan kepala yang lunak.

2.    Brush. Bentuknya seperti sapu lidi terbuat dari bahan plastik hingga ada yang terbuat dari baja. Tiap bentuk brush memiliki cara tersendiri untuk dimainkan, brush sering digunakan untuk memainkan musik jazz hingga ballad.

3.    Bundle stick. Stik drum ini terdiri dari beberapa batang kayu yang kecil dan di ikat menjadi satu. Kayunya ada yang berukuran kecul dan berjumlah banyak namun ada juga kayu yang berukuran besar namun berjumlah sedikit. Stik drum jenis ini cocok untuk memainkan lagu latin ataupun country.

Dalam memiliki ukuran stik drum yang tepat anda harus mengetahui beberapa hal, yaitu:

1.    Tentukan jenis musik yang anda mainkan, dengan mengetahui jenis musik yang anda mainnkan akan makin mudah menetukan drum stik yang paling bagus.
2.    Bandingkan beberapa stik drum cara ini akan membuat anda mengetahui perbedaan beberapa jenis stik drum baik dari segi ukuran hingga beratnya.
3.    Coba gunakan stik drum, misalnya dengan memukulkan ke lantai ataupun memainkan langsung ke drum.
source : http://id.yamaha.com/id/products/audio-visual/av-receivers-amps/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar