Laman

Senin, 07 November 2016

Pernapasan yang Baik saat Bernyanyi yang Perlu Diketahui

Menyanyi, merupakan salah satu dari sekian banyak hobby yang dijadikan sebagai mayoritas hobby yang ada di masyarakat sekarang ini. entah di kamar mandi, di kamar, di teras, ketika sedang belajar, memasak, hingga sekedar membaca buku tentunya ada saja selentingan untuk bernyanyi. Hal tersebut karena music merupakan seni yang dikatakan mencerminkan suasana hari melalui nada yang indah. Lagu-lagu yang sekarang ini beredar juga beragam jenisnya. Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera anda sendiri yang mana yang sesuai dengan suasana anda. namun, jenis music pop memang selalu menempati masa-masa modern ini dimana banyak instrument yang mengiringinya tidak hanya sebatas menyanyi saja. Terlebih lagi, dalam mayoritas aliran music tentunya hadir penyanyi didalamnya untuk melengkapi nada yang ada. Tantangan bagi para penyanyi adalah bagaimana pernapasan yang baik saat bernyanyi.

Sebenarnya, ada beberapa teknik pernapasan yang baik saat bernyanyi yang perlu anda ketahui. Hal tersebut dapat membantu anda dalam pengolahan suara yang dihasilkan menjadi yang lebih baik dalam menguasai lirik lagu dan jenis aliran music yang diharapkan.

1.    Pernafasan dada
Umumnya, jenis teknik ini mengandalkan kekuatan paru-paru anda untuk menghasilkan nada yang baik ketika bernyanyi. Beberapa penyanyi bisa mengandalkan nada rendah melalui teknik pernafasan ini karena kekuatan udaranya sedikit dan cenderung menghasilkan suara yang rendah hingga bass.

2.    Pernafasan perut
Salah satu teknik yang terkenal selanjutnya adalah pernafasan perut dimana titik fokusnya adalah menempatkan udara pada area perut anda untuk membantu dalam teknik pengolahan suara. Hal yang harus anda perhatikan adalah tempo udara yang dikeluarkan agar menghasilkan nada dan intonasi suara yang anda inginkan. Teknik ini cenderung tidak bisa digunakan untuk nada bernotasi tinggi.

Pernafasan diafragma adalah yang terakhir sebagai pernapasan yang baik saat bernyanyi. Menariknya, kekuatan pernafasan pada tempat ini cenderung bisa lebih baik dibandingkan kedua teknik sebelumnya serta bisa menghasilkan nada tinggi yang mana tentunya setiap penyanyi diharuskan memiliki kemampuan ini. anda bisa langsung belajar menerapkan berbagai teknik sembari diiringi berbagai instrument music dari Yamaha Musik Indonesia dalam mendukung proses belajar music anda.

http://id.yamaha.com/id/music_education/courses/teens_and_adults/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar